MENYULAP KAMAR JADI STUDIO REKAMAN PRIBADI


Bagi kita-kita yang seneng dengan musik apalagi punya bakat mengarang lagu ini merupakan alternatif yang menarik. Karena inspirasi kadang tidak bisa di duga datangnya. Dengan memiliki kamar yang sekaligus memiliki fasilitas rekam tentunya akan banyak membantu. Karena tanpa harus menunggu besok pagi kita bisa langsung menuangkanya ke dalam bentuk rekaman . Jika datangnya ide lagu pada saat tengah malam dan perasaan kita sedang in mood itu akan menjadikan lagu kita lebih in soul. ada alternatif nih….

Cara hemat mengubah ruang tidur menjadi studio rekaman pribadi.
Agar kualitas rekaman di PC menjadi lebih bagus, terutama untuk pengambilan vokal, sulap saja kamar tidur menjadi kedap suara. Dijamin, kokok ayam tetangga, atau bebunyian tukang bakso tidak bakal masuk ke rekaman. Kami tunjukkan cara membuatnya dengan biaya yang ekonomis.

Lapisan Dinding
Inilah kombinasi aneka material yang memiliki kemampuan meredam suara. Susun aneka material lapis demi lapis untuk membuat suara terserap secara efektif.

KAMAR KEDAP SUARA

1. Sediakankan alat dan material: bor, paku, lem, glass wool, kayu reng, gipsum, karpet.
2. Buat rangka dinding peredam berupa susunan kayu reng pola kotak-kotak. Besar masing-masing kotak kurang lebih 60 x 60 cm.
3. Isi bagian dalam setiap kotak rangka dengan glass wool setebal 2 cm – 3cm.
4. Tutup rangka dengan papan gipsum. Buat lubang ukuran3 mm pada permukaan dinding gipsum. Letak lubang boleh tidak beraturan.
5. Tempelkan karpet di atas seluruh permukaan gipsum menggunakan paku dan lem.
6. Lakukan langkah-langkah serupa untuk membuat peredam pada langit-langit kamar. Untuk lantai, pakai karpet tebal atau lantai parket.

PENDINGIN RUANGAN
Agar tambah nyaman meski tanpa ventilasi terbuka, pasanglah pendingin ruangan. Untuk ruangan 3 x 5 meter, cukup mengggunakan air conditioner 1/2 PK. Jangan pasang AC di atas perangkat elektronik.

SPESIFIKASI KOMPUTER
Untuk mengubah PC menjadi studio musik, dengan menggunakan software Adobe Audition 1.5, butuh spesifikasi sebagai berikut:-Prosesor minimal Pentium III atau lebih-Sistem operasi Microsoft Windows 2000/XP dengan tambahan software DirectX-Memori 64 MB-Hard disk dengan ruang kosong minimal 75 MB. Sebaiknya, sih, siapkan sekitar 20 GB -untuk menampung koleksi musik ciptaan Anda-Kartu suara stereo. Minimal memiliki colokan Line-in/out dan mic-in-CD-RW drive untuk memutar dan memproduksi CD audio-Spiker-Mikrofon

ESTIMASI BIAYA PEMBUATAN KAMAR KEDAP SUARA

1. 80 batang kayu reng @ Rp 12.500 Rp 1.000.000
2. 4 rol glass wool @ Rp 265.000 Rp 1.060.000
3. 20 lembar papan gipsum @ Rp 46.000 Rp 920.000
4. 1 gulung karpet dinding @ Rp 525.000 Rp 525.000
5. kaleng cat dinding Rp 50.000/kaleng 5 kg Rp 100.000
6. Paku dan lem kayu Rp 100.000
Total anda jumlah sendiri !

Estimasi biaya ini untuk ruang kedap suara ukuran 3 x 5 meter. Harga bisa berubah sesuai dengan kombinasi spesifikasi material peredam suara. Anda bisa melapisi lantai dengan parket kayu agar suara dari spiker lebih bagus, namun biaya akan meningkat.

AMPLIFIER
Sebelum masuk ke sound card, alat musik bisa dihubungkan ke amplifier agar mudah diatur kualitas suaranya. Amplifier bisa dipasang di antara PC & spiker untuk mengatur keluaran di spiker. Kini sudah banyak tersedia amplifier digital di pasaran dengan harga terjangkau.

SPEAKER
Untuk mengedit musik, speaker jadi komponen penting. Karenanya, minimal gunakan 2 speaker yang bagus. Saran kami pilih speaker flat atau full range dan dilengkapi dengan volume box yang sesuai.

ALAT MUSIK
Setidaknya tersedia gitar atau keyboard untuk membuat nada. Instrumen bas dan drum bisa direkayasa dengan software.

MIXER
Jika olahan musik di PC masih kurang memuaskan, padukan lagu digital dengan instrumen yang direkam secara live dengan bantuan mixer digital, seperti Yamaha AW16G, yang sekaligus bisa mem-burning CD.

Updated by : http://adinatha.wordpress.com/2009/05/06/menyulap-kamar-jadi-studio-rekaman-pribadi/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: